Menjaga Puasa

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Di kesempatan pengajian minggu ini, Saudara Fadly, telah berbaik hati memberikan kultum. Selain makan,minum, dan berhubungan seks, ada beberapa hal yang dapat membuat puasa kita tidak diterima.

Rasullulah saw bersabda:

“Lima hal yang dapat membatalkan puasa: berkata dusta, ghibah (menggunjing), memfitnah, sumpah dusta dan memandang dengan syahwat.” (Hadits Riwayat Al-Azdiy)

Ghibah adalah mengumpat/menggunjing/back-biting.
Berikut firman Allah:

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang . (QS:49, Al-Hujurat:12)

Kita juga dianjurkan untuk menjauhi syubhat, dan mengurangi tidur dan perbuatan yang sia-sia. (Mentang-mentang tidur orang yang berpuasa itu berpahala, bukan berarti kita harus tidur seharian. Tidurlah yang cukup untuk beristirahat agar berenergi saat beribadah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: